VIDEO: Tegas! Ketua Umum PSSI, Erick Thohir Minta Berantas Match Fixing di Liga Indonesia

VIDEO: Tegas! Ketua Umum PSSI, Erick Thohir Minta Berantas Match Fixing di Liga Indonesia

Ketua umum PSSI, Erick Thohir mendukung PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang menyusun kalender kompetisi Liga 1 dan Liga 2 selama tiga tahun ke depan. Jaminan kalender dua kasta teratas liga nasional tersebut, menurut Erick, tak hanya menjadikan Liga Indonesia makin profesional, tapi berdampak positif bagi Timnas Indonesia dan Badan Tim Nasional (BTN).

"Alhamdulillah setelah diskusi panjang, antara Liga, PSSI, BTN, dan Timnas Indonesia, ada jaminan untuk tiga tahun ke depan tidak akan ada perubahan kalender," ujar Erick Thohir dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Setelah beres-beres Timnas Indonesia, di manahasilnya sudah mulai terlihat dengan penampilan Tim Garuda yang semakin baik, begitu pun dengan prestasi yang terus membaik, Kini ketua umum PSSI Erick Thohir bertekad melakukan transformasi Liga sepak bola Indonesia.

Salah satunya dengan memerangi pelaku pengaturan pertandingan atau match fixing agar sepak bola Indonesia lebih baik.

Sebelumnya dugaan terhadap match fixing di Liga Sepak bola Indonesia di setiap tingkatan mulai Liga 1, Liga 2 dan seterusnya santer terdengar. Bahkan ada beberapa kasus yang sudah mendapatkan hukuman.

"Hukuman match fixing kita harus hukum keras, untuk memastikan penegakan kepada isu match fixing ini harus diberantas habis. Kapolri sudah memberikan hak-haknya kepada KONI untuk jadi bagian dari tim satgas untuk memastikan agar tidak ada hal-hal seperti ini," ujar Erick Thohir.

"PT LIB juga dalam aturan liga semua pelatih klub yg bertugas tidak boleh terjebak match fixing dan juga dari bagian kontrakya juga harus melepas pemainnya jika diminta timnas."

"Perlu sertifikasi agen pemain, jangan sampai mereka jadi jual beli skor, pemain cedera ini itu diatur. Agen yang main match fixing penjarakan."

"Jangan sampai kita sudah menyusun agenda tiga tahun, komitmen lisensi klub, dan wasit sudah bagus masih ada yang melakukan match fixing," pungkasnya.

Berikut ini pernyataan lengkap Erick Thohir terkait isu match fixing di Liga Indonesia.

Ringkasan

Oleh Muhammad Iqbal Ichsan pada 21 June 2024, 13:11 WIB

Video Terkait

Spotlights