VIDEO: Asal Usul Tanaman Cabai dan Terong di Stadion Gelora Bangkalan, Tempat Persib Juara BRI Liga 1

VIDEO: Asal Usul Tanaman Cabai dan Terong di Stadion Gelora Bangkalan, Tempat Persib Juara BRI Liga 1

Stadion Gelora Bangkalan menjadi saksi kemenangan Persib Bandung di pentas BRI Liga 1 musim ini. Rupanya, ada tanaman hortikultura yang terlihat tumbuh sehat di sana.

Ada sesuatu yang menarik dari SGB menjelang laga itu. Sekilas, ada rerumputan liar yang terletak di area dalam stadion. Rupanya, ada tanaman hortikultura yang terlihat tumbuh sehat di sana.

Terdapat tanaman cabai dan terong yang terletak di dua titik stadion. Masing-masing ada di sebelah selatan bench tim tamu dan sudut tenggara sekitar enam meter dari tiang corner lapangan.

Bola.com mulanya mengamati bahwa tanaman cabai dan terong di sudut stadion sejak tahun 2023 lalu, saat Madura United menggelar laga kandang.

Dari pertumbuhannya, terlihat dua tanaman itu memang sengaja ditanam. Beberapa kali mampu berbuah lebat

Rupanya, tanaman itu masih menghasilkan buah pada sehari jelang laga, Kamis (30/5/2024). Ada enam terong yang siap dipetik dan pohon cabai yang berbuah kecil dan cukup lebat di sudut tenggara stadion.

Demikian halnya dengan tanaman cabai yang terletak di tepat di sisi selatan bench tim tamu dengan media tanam berada di polybag. Cabai tumbuh dengan lebat dan beberapa siap dipetik.

Lantas, bagaimana ceritanya ada tanaman hortikultura terawat dengan baik di SGB?

Rupanya ini merupakan buah ide pemikiran Candra Irawan. Dia sempat menjadi ASN dengan jabatan Kasi Sarana dan Prasarana Dispora Bangkalan. Candra merupakan pihak yang bertanggung jawab atas fasilitas olahraga di Bangkalan.

"Ini sebenarnya kami tanam di GOR Sultan Abdul Kadirun (Bangkalan). Ternyata di sana kebanyakan. Jadi, sisanya kami pindah di sini karena ada tanahnya," kata Candra kepada Bola.com.

Dua buah tanaman itu dijadikan sayuran untuk dikonsumsi oleh pengelola stadion. Mereka pun tidak kerepotan dalam urusan makanan karena tinggal memetik terong dan cabai yang biasanya melengkapi menu lalapan.

"Ini hasilnya untuk teman-teman. Habis kerja lapangan, kami masak dan makan-makan bersama. Kami tinggal beli ikannya, beli telur sudah jadi. Cabai dan terongnya tinggal mengambil dari sini," tutur Candra.

Keberadaan pohon cabai dan terong ini menambah unik SGB yang tidak dipunyai oleh stadion lain. Hal ini kemungkinan akan luput dari pandangan orang yang lalu lalang karena menganggapnya rerumputan biasa.

Kini Stadion Gelora Bangkalan menjadi tempat bersejarah bagi Persib Bandung setelah meraih gelar juara di BRI Liga 1.

Ringkasan

Oleh Iqri Widya, Aditya Wany, Bagaskara Lazuardi pada 02 June 2024, 18:57 WIB

Video Terkait

Spotlights