VIDEO: Laga Persib Bandung Vs Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Gunakan VAR Mobile

VIDEO: Laga Persib Bandung Vs Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Gunakan VAR Mobile

Laga Persib Bandung melawan Bali United yang tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024), mencatatkan sejarah baru di sepak bola Indonesia.

Untuk pertama kalinya, kompetisi Liga 1 yang dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat akan menggunakan teknologi video assistant referee (VAR).

VAR sebelumnya sudah digunakan di leg pertama kemarin saat pertandingan digelar di Bali. Untuk leg kedua ini, satu unit VAR mobile disiapkan PT LIB.

VAR mobile tersebut ditempatkan di luar Stadion Si Jalak Harupat. Di dalamnya, ada enam layar monitor, perangkat komputer dan ruang server yang dilengkapi pendingin udara.

Nantinya, tiga wasit VAR akan bertugas di dalam VAR mobile saat pertandingan berlangsung dan berkomunikasi dengan wasit utama.

Media and Public Relation Manager PT LIB Hanif Marjuni mengatakan, VAR mobile sudah berada di Stadion Si Jalak Harupat sejak H-2 sebelum pertandingan leg kedua digelar. Dia mengungkapkan, proses kalibrasi terhadap perangkat VAR telah dilakukan.

"Sudah siap dan tadi sudah dilakukan kalibrasi keseluruhan, artinya sudah tidak ada masalah lagi untuk di pertandingan Persib melawan Bali di hari ini," ujar Hanif.

Hanif menuturkan, dari penggunaan VAR di leg pertama, tidak ditemukan kendala berarti baik pada perangkat maupun jaringan sinyal VAR.

"Sejauh ini tidak ada kendala dari tiga kota, dari dua kota sebelumnya ini kota ketiga, dan besok ada di Balikpapan, prosesnya masih sama," ujarnya.

Di laga Persib Bandung vs Bali United ini, PSSI telah menunjuk Rio Permana Putra sebagai wasit utama dibantu Azizul Alimmudin Hanafiah sebagai asisten wasit 1 dan Azwardin Lubis sebagai asisten wasit 2. Sedangkan untuk wasit VAR ialah Aprisman Aranda dan AVAR yakni Fuad Qohar.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 18 May 2024, 19:07 WIB

Video Terkait

Spotlights