VIDEO: PT LIB Matangkan Persiapan VAR, Sebelum Resmi Diterapkan di Championship Series BRI Liga 1

VIDEO: PT LIB Matangkan Persiapan VAR, Sebelum Resmi Diterapkan di Championship Series BRI Liga 1

Video Assistant Refree (VAR) secara resmi diuji cobakan dalam pertandingan resmi yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024). Uji coba ini dilakukan sebelum nantinya resmi diterapkan di Championship Series BRI Liga 1.

Ini merupakan sejarah baru akan terukir di sejarah sepak bola Indonesia. VAR digunakan dalam laga final Elite Pro Academy (EPA) U-20 2023/2024 antara Persis Solo U-20 melawan Persita Tangerang U-20.

Dalam laga itu, menjadi langkah PT LIB selaku penyelenggara liga meninjau penggunaan VAR dalam sebuah pertandingan resmi, sebelum pada akhirnya akan diterapkan pada level tertinggi sepak bola Indonesia.

Sebelumnya VAR memang sempat dijadwalkan mulai diterapkan pada Februari 2024. Namun, karena berbagai kendala dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), pelaksanaannya diundur pada fase Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Ada beberapa aspek yang mesti disiapkan untuk menggunakan VAR di BRI Liga 1, mulai dari kesiapan alat, wasit, hingga infrastruktur stadionnya.

Pasalnya, sebelum bisa digunakan pada kompetisi level profesional, harus ada persetujuan terlebih dahulu dari FIFA. Setelah ini, masih ada beberapa tahap uji coba sebelum VAR benar-benar mengaplikasikan teknologi itu di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Ringkasan

Oleh Radifa Arsa pada 07 March 2024, 21:40 WIB

Video Terkait

Spotlights