VIDEO: Sesi Latihan Timnas Indonesia Jelang Lawan Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

VIDEO: Sesi Latihan Timnas Indonesia Jelang Lawan Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Lupakan drama ketika akhirnya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar. Timnas Indonesia perlu kembali ke mode konsentrasi penuh. Tim berjulukan Skuad Garuda ini sudah ditunggu Australia.

Ya, Timnas Indonesia akan mencoba melawan kemustahilan lagi ketika menantang Australia dalam 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Bicara kekuatan di atas kertas, level kedua kesebelasan berbeda jauh. Berdasarkan ranking FIFA terbaru pada 21 Desember 2023, Australia menempati peringkat ke-25 sedangkan Timnas Indonesia ke-146.

Australia mempunyai ketahanan fisik yang kuat. Postur pemainnya tinggi-tinggi dan jago duel udara. Selain itu, skuad Socceroos juga memiliki power untuk berduel satu lawan satu.

"Secara fisik, Australia sangat kuat. Mereka juga terorganisasi. Jadi, saya rasa saya tidak dapat menemukan kekurangan di lini pertahanan Australia," ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Namun, selama pertandingan, situasinya berbeda-beda. Ini akan berubah. Saya masih mencoba mencari tahu bagaimana kami akan menghadapi dan mematahkan garis pertahanan Australia," jelas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga bisa mempertimbangkan Ricky Kambuaya untuk menjadi starter. Sebab, pemain asal Dewa United itu suka bertarung dan bertenaga kuda. Kehadirannya dibutuhkan untuk mengganggu permainan Australia.

Shin Tae-yong bakal menggunakan pengalamannya yang pernah bermain dan melatih di Negeri Kanguru pada 2005-2008 untuk meredam agresivitas Australia demi lolos ke perempat final Piala Asia 2023.

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 28 January 2024, 10:34 WIB

Video Terkait

Spotlights