VIDEO: Ogah Setor Pemain ke Timnas Indonesia U-23, Persija dan PSM Tidak Boleh Pakai Stadion yang Direnovasi Pemerintah?

VIDEO: Ogah Setor Pemain ke Timnas Indonesia U-23, Persija dan PSM Tidak Boleh Pakai Stadion yang Direnovasi Pemerintah?

Ketua PSSI, Erick Thohir, menyinggung program renovasi stadion oleh pemerintah sebesar Rp1,9 triliun setelah Persija Jakarta dan PSM Makassar menolak melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023.

"Nanti saya catat. Ini ada renovasi stadion oleh pemerintah Rp1,9 triliun," ujar Erick Thohir di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Rabu (16/8/2023).

Buntut dari tragedi Kanjuruhan, pemerintah memugar 22 stadion yang mayoritas digunakan oleh klub-klub BRI Liga 1 2023/2024, termasuk kandang Persija dan PSM.

Erick Thohir awalnya ingin membantu tim-tim untuk mengurus stadion milik pemerintah seperti Persita Tangerang di Indomilk Arena dan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

"Di situ, pemerintah akan melihat kesempatan klub-klub mengelola seperti Persita dan di Bandung. Nanti saya catat ada rekomendasinya," jelas Erick Thohir.

"Saya bukannya mengancam. Tapi, saya mau membangun klub yang cinta Indonesia juga dong. Kan pemerintah merenovasi stadion Rp1,9 triliun. Kalau klub-klub, bisa tidak merenovasi stadion ratusan miliar?".

"Bisa tidak klub-klub bikin stadion besar. Kan tidak. Berarti artinya ada apa? Saling keseimbangan antara pemerintah dan swasta. Kita harus saling mendukung," jelas Erick Thohir.

Sebelumnya, pelatih Persija, Thomas Doll enggan mengirimkan Rizky Ridho ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023. Sementara, arsitek PSM Makassar, Bernardo Tavares, menahan Dzaky Asraf.

"Kita mau membangun sama-sama, tapi kalau maunya hak, tidak bisa. Nanti saya catat. Pasti suporter juga akan sedih. Sebab, suporter ada yang namanya merah putih, Persija, dan PSM," ucap Erick Thohir.

Erick Thohir juga memamerkan sedang menjembatani PSM untuk mempunyai stadion. Selain itu, renovasi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, selain untuk Piala Dunia U-17 2023, juga disebutkannya buat dipakai Persija.

"Apalagi kami sedang memfasilitasi stadion untuk dimiliki PSM. Termasuk JIS ini kami renovasi untuk Persija juga, bukan hanya untuk Timnas Indonesia," imbuh Erick Thohir.

Lantas, apa maksud dari Erick Thohir? Apakah mantan bos Inter Milan itu menyiratkan bahwa Persija Jakarta dan PSM Makassar tidak bisa memakai stadion yang direnovasi menggunakan uang negara?

"Saya pikirkan dulu. Kan boleh saya mikir. Kalau merea mikir-mikir bantu merah putih, saya juga boleh dong mikir-mikir bantu klub. Boleh tidak?" ucap pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI itu.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 16 August 2023, 21:39 WIB

Video Terkait

Spotlights