VIDEO: Hasil Seleksi Wasit Kerja Sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Jepang untuk Liga 1 dan Liga 2

VIDEO: Hasil Seleksi Wasit Kerja Sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Jepang untuk Liga 1 dan Liga 2

Ketua PSSI, Erick Thohir, berambisi buat menaikkan pamor wasit Indonesia. Untuk itu, akan memanfaatkan momentum Liga 1 dan Liga 2 2023/2024.

Ia juga mengatakan hal tersebut juga sudah melewati tahap seleksi wasit sehingga terbentuk beberapa kategori untuk menyambut liga baru.

"Kami baru saja menuntaskan tahap pertama antara PSSI dengan JFA untuk menjadikan sistem perwasitan nasional yang komprehensif sehingga wasit Indonesia dapat bersaing di level dunia," ujar Erick Thohir.

Seleksi wasit untuk Liga 1 dan Liga 2 yang melibatkan JFA menjadi langkah awal agar wasit lebih bersih, profesional, dan berintegritas.

Erick Thohir berharap dengan seleksi dan pelatihan wasit yang melibatkan JFA di Liga 1 dan Liga 2 akan berjalan lebih fair dan menjunjung tinggi sportivitas.

Kuota kursi bagi wasit Liga 1 adalah 18 kursi dan bagi asisten wasit Liga 1 adalah 36 kursi. Dengan demikian, rata-rata jumlah pertandingan yang akan dipimpin wasit dan asisten wasit sebanyak 17 kali.

Sedangkan di Liga 2, jumlah kuota kursi mencakup 24 wasit dan 48 asisten wasit. Artinya, rata-rata memimpin bagi wasit dan asisten wasit liga 2 mencapai 14-15 pertandingan. Hanya wasit terbaik yang lulus hasil tes yang dapat menempati 18 kursi untuk memimpin di Liga 1 dan 24 kursi untuk memimpin Liga 2.

Seleksi yang digelar pada 15-16 Juni 2023 diikuti 161 wasit, 2 asisten wasit FIFA, dan 1 wasit AFC Elite Referee. Sebanyak 55 wasit Liga 1 musim lalu yang ikut serta dalam tes, terdapat 27 wasit yang lulus tes ditambah 1 wasit AFC Elite Referee.

Berikut ini hasil seleksi wasit yang disampaikan Ketua PSSI, Erick Thohir untuk gelara Liga 1 dan Liga 2 musim baru.

Ringkasan

Oleh Bagaskara Lazuardi pada 22 June 2023, 18:31 WIB

Video Terkait

Spotlights