VIDEO: Erick Thohir Bangga Timnas Indonesia U-22 Punya Semangat Luar Biasa di SEA Games 2023

VIDEO: Erick Thohir Bangga Timnas Indonesia U-22 Punya Semangat Luar Biasa di SEA Games 2023

Ketua PSSI, Erick Thohir, terlihat begitu emosional saat Timnas IndonesiaU-22 memastikan kemenangan atas Vietnam pada semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/05/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia U-22 tampil heroik saat menghadapi Timnas Vietnam. Laga yang berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh itu berakhir 3-2 untuk keunggulan tim asuhan Indra Sjafri.

Kemenangan ini disambut suka cita oleh semua elemen Timnas Indonesia U-22, tak terkecuali Erick Thohir. Ia menyebut target Merah Putih belum tuntas.

"Ya saya rasa kan target kita belum selesai, tapi Alhamdulillah tadi pertandingan yang benar-bemar sangat berat, lolos dari lubang jarum. Tetapi saya yakin kalau kita punya mental yang kuat, insyaAllah dengan doa seluruh masyarakat, kita pasti akan sejalan," ujar Erick Thohir.

"Tetapi kembali, belum selesai. Karena itu hari ini saya minta ofisial Sumardji yang memimpin untuk fokus recovery. Recovery bukan hanya keletihan fisik, tetapi mental dan pikiran," katanya menambahkan.

Erick Thohir juga menuturkan alasan kenapa ia begitu emosional saat merayakan gol Muhammad Taufany. Ia bahkan sempat meneteskan air mata dan menepuk-nepuk dada.

"Sudah lama enggak nonton bola langsung, haha," kata Erick Thohir dengan nada bercanda.

"Enggak, kembali pertandingan itu ujungnya ya mental. Kita punya skill bagus, mental enggak siap, ya tidak berkembang itu kemampuannya. Kita punya fisik bagus, enggak punya mental, kakinya berat itu enggak bisa lari," katanya lagi.

"Tadi yang saya terharu kan anak-anak bagaimana sepuluh pemain, lalu kebobolan oleh diri sendiri, dan saya rasa tim lawan sudah berpikir mau perpanjangan waktu."

"Kalau perpanjang waktu, kita pasti habis lah. Tapi justru para pemain masih punya motivasi, mau counter attack dan cetak gol. itu terjadi 2-3 kali. Artinya apa? Itu semangat yg luar biasa, yang menghilangkan seluruh keletihan."

"Saya tepuk nepuk dada karena, saya bilang ke Exco "mental, mental mental" karena secara logika berat sekali. Terima kasih Allah SWT bersama kita, doa masyarakat penggemar sepak bola Indonesia sangat jadi bagian napas bersama kita di sini, jadi perjuangan tersendiri," kata Erick Thohir menambahkan.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan bahwa yang dibutuhkan Timnas Indonesia U-22 adalah istirahat setelah berhasil meraih kemenangan di semifinal SEA Games 2023.

Ringkasan

Oleh Gregah Nurikhsani pada 13 May 2023, 23:41 WIB

Video Terkait

Spotlights