VIDEO: Dramatis! Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Final SEA Games 2023 Setelah Bungkam Vietnam

VIDEO: Dramatis! Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Final SEA Games 2023 Setelah Bungkam Vietnam

Timnas Indonesia U-22 berhasil melaju ke final SEA Games 2023. Garuda Muda tampil heroik saat menghadapi Vietnam pada semifinal, Sabtu (13/5/2023) sore WIB.

Laga yang berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh itu berakhir 3-2 untuk keunggulan tim asuhan Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-22 mencoba mengambil alih tekanan pada awal babak pertama. Pressing ketat kepada para pemain Timnas Vietnam U-22 langsung diperagakan oleh para pemain asuhan Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-22 mampu unggul cepat pada menit ke-10. Lemparan ke dalam khas Pratama Arahn mampu menemui kepala I Komang Teguh Trisnanda. Tandukan bek Borneo FC Samarinda itu mampu membobol gawang Timnas Vietnam U-22.

Kebobolan dalam waktu yang cukup cepat membuat Timnas Vietnam U-22 tersengat. Nguyen Ngoc Tran dan kolega langsung mencoba mengurung pertahanan Garuda Muda.

Peluang didapatkan Timnas Indonesia U-22 melalui tendangan jarak jauh Ramadhan Sananta pada menit ke-17. Namun, kiper Vietnam, Quan Van Chuan masih bisa menangkap bola tendangan Sananta dengan baik.

Timnas Vietnam U-22 akhirnya mampu membalas pada menit ke-36. Tandukan sambil membelakangi gawang yang dilepaskan striker andalan mereka, Nguyen Van Tung tak bisa dijangkau Ernando Ari Sutaryadi.

Semakin percaya diri, Vietnam gencar melakukan serangan ke lini pertahanan Indonesia. Namun, hingga babak kedua berakhir tidak ada gol yang tercipta kembali.

Indra Sjafri melakukan pergantian yang cukup mengejutkan pada awal babak kedua. Komanhg Teguh dan Ananda Raehan yang tampil apik di babak pertama ditarik keluar. Indra mamsukkan Muhammad Taufany dan Muhammad Ferarri untuk menggantikan dua pemain tersebut.

Hasilnya, Marseilno Ferdinan berhasil menambah gol untuk Indonesia lewat tendangan first time dari luar kotak penalti pada menit ke-54. Indonseia kembali memimpin 2-1.

Sayang, Pratama Arhan harus mendapat kartu merah setelah melanggar pemain Vietnam pada menit ke-60. Indonesia hanya menyisakan 10 pemain saja.

Lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 terus ditekan di sisa babak kedua. Timnas Vietnam U-22 akhirnya mendapatkan gol penyeimbang pada menit ke-78. Bagas Kaffa yang berniat membuang bola justru membuat gol bunuh diri.

Di tengah derasnya tekanan dari Timnas Vietnam U-22, Timnas Indonesia U-22 justru mampu mencetak gol ketiga pada menit keenam injury time babak kedua. Sepakan terukur Muhammad Taufany dari luar kotak penalti tak bisa ditahan Quan Van Chuan.

Hingga babak kedua berakhir, tidak ada gol yang tercipta kembali. Timnas Indonesia U-22 berhasil melaju ke final SEA Games 2023 setelah membungkam Vietnam dengan skor 3-2.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 13 May 2023, 19:29 WIB

Video Terkait

Spotlights