VIDEO: Demi Bela Timnas Indonesia, Firman Utina Pernah Disuntik Anti Rasa Sakit di Piala AFF 2010

VIDEO: Demi Bela Timnas Indonesia, Firman Utina Pernah Disuntik Anti Rasa Sakit di Piala AFF 2010

Ada cerita menarik yang terjadi di Piala AFF 2010. Di mana kapten Timnas Indonesia saat itu, Firman Utina sempat mengalami cedera serius dan harus menepi ke luar lapangan.

Dalam diskusi bersama PSSI pada Senin (17/4/2023), Firman Utina membeberkan pengalamannya membela Skuad Garuda.

Saat itu, Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di partai semifinal. Ini menjadi awal mula Firman Utina mendapat cedera di lapangan.

Saat itu, dokter yang merawat Firman Utina memvonis bahwa dirinya harus absen dalam jangka waktu yang lama. Namun, karena dirinya masih ingin bermain untuk Timnas Indonesia, Firman Utina rela mendapat suntik anti sakit untuk dapat bisa bermain.

"Di 2010, di leg pertama melawan filipina, saya diperiksa sama tim medis PSSI. Akhirnya memanggil dokter ortopedi. Beliau datang, cek, akhirnya saya divonis tidak bisa bermain, harus langsung naik meja operasi. Saya masih ada 3 pertandingan lagi sisa." Ujar Firman Utina membuka cerita.

Lanjutnya, Firman Utina mengaku jika dirinya ingin terus bermain dan rela disuntik hingga puluhan kali demi bisa merumput bersama Timnas Indonesia.

"Malam didatangi Coach Ridl, Bambang juga bertanya kepada saya. Saya juga memberitahu mereka kalau harus naik ke meja operasi. Saya lihat kecemasan timbul di wajah coach Riedl." Ujar Firman Utina.

Demi membela Skuad Garuda, Firman Utina akhirnya bertanya kepada dokter solusi seperti apa supaya dirinya tetap bisa merumput.

"Saya bertanya kepada dokter, kira-kira ada tidak solusi supaya saya bisa menyelesaikan Piala AFF. Dokter bilang solusinya adalah saya harus disuntik sebanyak 20 kali setiap pertandingan." Ujarnya.

Dalam laga Piala AFF 2010, Timnas Indonesia memang tampil mengesankan. Firman Utina dkk berhasil menembus partai final meski akhirnya belum bisa meraih gelar juara.

Ringkasan

Oleh Bagaskara Lazuardi pada 18 April 2023, 19:37 WIB

Video Terkait

Spotlights