VIDEO: 1.000 Lilin Dinyalakan untuk Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

VIDEO: 1.000 Lilin Dinyalakan untuk Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Komunitas Gerakan Sepak Bola untuk Rakyat (GSR) menggelar aksi damai menyalakan 1.000 Lilin dan berdoa bersama untuk Sepak Bola Indonesia. Acara tersebut dihelat di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat, pada Selasa (4/4/2023) malam hari WIB.

Acara aksi damai tersebut diawali dengan sambutan dari Koordinator Nasional GSR, Ferri Bastian. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi kopi darat. Diskusi diikuti oleh Richard Achmad (Sekjen Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia), Amsori Bahruddin Syah (Ketum Forum Akademisi Pengemudi Sepak Bola Indonesia), dan Sigit Nugroho (Pengamat Olahraga Nasional).

Dalam sesi diskusi tersebut, ketiga pembicara yang hadir mengungkapkan rasa sedihnya setelah Indonesia diputuskan FIFA batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. "Soal perasaan saya pikir sama seluruh Indonesia, kecuali para tokoh politik yang merasa sukses menggagalkan. Jujur saya sedih karena saya juga tahu persiapan cukup lama terutama para pemain," ujar Sigit saat menghadiri diskusi kopi darat di Gedung Joang 45.

"Sama, sedih dan kecewa. Yang awalnya kami bangga dan karena kami akan menjadi bagian sejarah panjang Indonesia soal sepak bola," ucap Richard.

"Tetap samalah perasaan. Apapun ceritanya, timnas kan jadi simbol, simbol sebuah negara. Ketika timnas kita gak bisa ikut di Piala Dunia tentunya ini menjadi duka bagi Ibu Pertiwi, duka kita semua, duka seluruh masyarakat Indonesia," kata Amsori.

Puncak dari aksi damai tersebut adalah menyalakan 1.000 lilin dan berdoa untuk kebangkitan sepak bola Indonesia. Lilin-lilin tersebut dinyalakan sejumlah kelompok suporter, yaitu Ultras Garuda, La Grande Indonesia, dan perwakilan suporter Jabodetabek.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 04 April 2023, 23:18 WIB

Video Terkait

Spotlights