VIDEO: Aksi 1 Juta Pita Hitam, Bentuk Simpati untuk Timnas Indonesia U-20 yang Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023

VIDEO: Aksi 1 Juta Pita Hitam, Bentuk Simpati untuk Timnas Indonesia U-20 yang Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Komunitas Centennialz berikan dukungan dengan aksi 1 juta pita hitam. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk simpati karena Timnas Indonesia U-20 gagal tampil digelaran Piala Dunia U-202023.

Aksi ini, dilakukan di depan trotoar mal FX Sudirman, Jakarta, pada Jumat (31/3/2023). Para komunitas dari Centennialz membagikan pita hitam kepada pedestrian yang berada di sana.

Sebelumnya, FIFA secara resmi menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu diambil setelah terjadinya pertemuan antara ketua umum PSSI, Erick Thohir dengan presiden FIFA, Gianni Infantino.

Pembatalan tersebut disampaikan secara langsung oleh FIFA melalui rilis resmi yang mereka keluarkan, Rabu (29/3/2023) malam WIB.

Aksi pemberian pita hitam ini sebenarnya sudah dilakukan oleh para pemain Timnas U-20.

Para pemain menyebut pita hitam merupakan tanda bahwa telah terkuburnya mimpi anak muda Indonesia untuk bisa berlaga di pentas dunia.

Ketua Centennialz ini juga memberikan komentar mengenai aksi ini. Ia menyatakan jika aksi ini merupakan bentuk simpati untuk Timnas Indonesia U-20 yang gagal tampil di Piala Dunia U-20.

"Kita melakukan aksi ini sebagai aksi simpati kepada Hokky, kepada Marselino dkk dengan harapan mungkin boleh kita kecewa, mungkin bole kita bersedih sesaat. Tapi jangan lupa tekad dan optimism harus dijaga. Supaya ada harapan besar untuk sepak bola Indonesia." Ujar Dinno Ardiansyah.

Tentunya dicoretnya Indonesia sebagai Piala Dunia U-202023menjadi catatan kelam untuk sepak bola dalam negeri. Tidak hanya itu, ini menjadi momen kekecewaan masyarakat Indonesia terutama Timnas Indonesia U-20 yang gagal tampil di kancah dunia.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 31 March 2023, 22:09 WIB

Video Terkait

Spotlights