VIDEO: FIFA Resmi Membatalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

VIDEO: FIFA Resmi Membatalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

FIFA secara resmi menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu diambil setelah terjadinya pertemuan antara ketua umum PSSI, Erick Thohir dengan presiden FIFA, Gianni Infantino.

Sebelumnya, Erick Thohir berangkat menemui FIFA pada Selasa (28/3/2023) malam hari WIB. Ia langsung melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA pada Rabu (29/3/2023).

Pembatalan tersebut disampaikan secara langsung oleh FIFA melalui rilis resmi yang mereka keluarkan, Rabu (29/3/2023) malam WIB.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," bunyi rilis resmi FIFA.

FIFA kemudian menyebut adanya potensi sanksi yang bisa diberikan kepada PSSI. Meski mereka juga berkomitmen untuk terus membantu sepak bola Indonesia.

Bantuan FIFA itu terutama menyasar program transformasi sepak bola Indonesia usai tragedi yang terjadi di Kanjuruhan, Malang pada Oktober 2022.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022," jelas FIFA.

Tentunya keputusan FIFA membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 menjadi salah satu catatan kelam sepak bola Indonesia.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 29 March 2023, 22:39 WIB

Video Terkait

Spotlights