VIDEO: Energi Perdamaian Suporter Indonesia Setelah Tragedi Kanjuruhan

VIDEO: Energi Perdamaian Suporter Indonesia Setelah Tragedi Kanjuruhan

- Tragedi Kanjuruhan akan selamanya membekas di benak suporter Indonesia. Tapi, ada satu yang akan terus menjadi untaian pahala bagi korban jiwa tragedi 1 Oktober 2022 itu. Tak lain adalah semangat perdamaian suporter klub Indonesia, yang menggema di mana-mana setelah kejadian kelam itu.

Tagar Sepakat Damai menggema di jagat Twitter sampai Selasa (4/10/2022), dua hari setelah tragedi yang kini telah merenggut 133 korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Tragedi memilukan tersebut paling kelam dalam sejarah sepak bola Indonesia. Insiden itu menjadi refleksi bagi suporter Indonesia. Seluruh suporter Indonesia berdoa dan bergerak, serta menyerukan pengusutan tuntas tragedi itu.

Ribuan suporter menyalakan lilin, berdoa untuk korban dan keluarga. Bahkan di Surabaya, ribuan Bonek turun ke jalan, memberi penghormatan terakhir untuk suporter yang menjadi rival mereka selama ini.

Di luar Jawa Timur, khususnya di DIY dan Solo, suporter juga bergerak. Suporter-suporter trah Mataram, PSIM Yogyakarta, PSS Sleman, Persis Solo, dan Persiba Bantul, menggemakan "Sepakat Damai". Mereka berkumpul, bergandengan tangan, dan mendoakan korban tragedi Kanjuruhan.

Jika biasanya kita melihat petinggi-petinggi suporter, contohnya Viking dan The Jakmania, duduk satu tribune, tongkrongan, atau akrab di sosmed, kini gerakan damai justru muncul dari akar rumput. Kabar damai terus menyebar ke seluruh penjuru Indonesia meski masih didominasi di sosial media. Namun, hal tersebut menjadi awal yang bagus untuk membangun iklim yang lebih sehat di kalangan suporter Indonesia.

Pernyataan terkait energi perdamaian dari suporter-suporter Indonesia setelah Tragedi Kanjuruhan dihadirkan beberapa di antaranya dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Erwin Snaz, Zulfirdaus Harahap, Gregah Nurikhsani, Aryo Atmaja, Hery Kurniawan pada 19 October 2022, 14:08 WIB

Video Terkait

Spotlights