VIDEO: Ketua Umum PSSI Bertemu Delegasi FIFA Usai Tragedi Kanjuruhan

VIDEO: Ketua Umum PSSI Bertemu Delegasi FIFA Usai Tragedi Kanjuruhan

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, sambut kedatangan perwakilan dari FIFA dan AFC. FIFA mengirimkan perwakilannya ke Indonesia untuk membantu memberikan dukungan kepada PSSI usai Tragedi Kanjuruhan.

PSSI, FIFA, dan AFC bertemu pada Rabu (12/10/2022). FIFA dipimpin Niko Nhouvannasak yang menjabat sebagai FIFA Development Project Coordinator.

Sedangkan AFC menggirim empat perwakilannya dengan dipimpin Shin Mon Gil yang merupakan wakil sekjen.

Kedatangan mereka ini sebagai bantuan atas insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 131 penonton pada laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya pada 1 oktober 2022 lalu.

Seperti diketahui usai Tragedi Kanjuruhan, PSSI langsung memutuskan menghentikan Liga 1 dan kompetisi di bawahnya hingga batas waktu yang tidak ditentukan sembari dilakukan evaluasi menyeluruh.

Dalam kesempatan ini juga Ketua Umum PSSi, Mochamad Iriawan langsung menggelar jumpa pers dengan para perwakilan AFC dan FIFA ini di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada (12/20/2022).

Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan hingga 131 orang sempat menimbulkan kekhawatiran Indonesia bisa terkena sanksi berat dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Jika sampai terjadi, Indonesia bisa rugi besar mengingat tahun depan seharusnya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Untungnya Indonesia akhirnya dipastikan tidak terkena sanksi berkat komunikasi cepat dan intensif dari mantan Presiden Inter Milan Erick Thohir yang menyampaikan surat Presiden Joko Widodo kepada Presiden FIFA Gianni Infantino.

Tak cuma tidak memberikan sanksi, FIFA justru akan membantu Indonesia untuk memperbaiki sepak bola nasional dan bos FIFA rencananya melawat ke Indonesia pekan depan.

Nantinya FIFA bakal membentuk tim yang membantu PSSI agar sepak bola nasional menjadi lebih baik. Tentunya, Tragedi Kanjuruhan menjadi salah satu pelajaran yang sangat penting untuk sepak bola nasional.

*(Video ini di edit oleh Cevin Natanael Ginting dari Universitas Sumatera Utara)

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 12 October 2022, 21:27 WIB

Video Terkait

Spotlights