VIDEO: Tes Kebugaran Wasit Agar Semakin Siap untuk Liga 1 2021

VIDEO: Tes Kebugaran Wasit Agar Semakin Siap untuk Liga 1 2021

- Sebanyak 60 wasit secara mandiri dan swadaya menjalani tes kebugaran di bawah pengawasan langsung tiga mantan wasit Nasional, seperti Purwanto (Kediri), Mugito (Gresik), dan Sunaryanto (Nganjuk) di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Sabtu (12/6/2021). Para wasit dan asisten asal Jawa Timur mempersiapkan diri menyongsong kompetisi di segala kasta mendatang, termasuk Liga 1 2021.

"Total ada 60 orang. Semua dari Jatim. Tes ini inisiatif teman-teman wasit. Jadi agenda ini biaya swadaya dari mereka. Saya dan teman wasit senior hanya memfasilitasi," kata Purwanto, yang pernah mendapat predikat wasit terbaik Indonesia.

Tes kebugaran tersebut rutin dilakukan para pengadil, sebelum menjalani tes resmi yang digelar PSSI. "Tes ini simulasi dari tes yang diadakan PSSI nanti. Semua data valid dan terukur. Dari data itu, mereka akan tahu kemampuan masing-masing," ujar Purwanto.

"Saya puji niat mereka. Idealnya harus seperti ini. Dari sini mereka akan tahu apa yang harus diperbaiki agar nanti bisa lolos dan memimpin kompetisi musim ini," ucapnya.

Salah satu peserta tes adalah wasit berpengalaman, Iwan Sukoco. Wasit yang sering memimpin Liga 1 itu mengungkapkan fisiknya masih perlu ditingkatkan.

"Saya tadi berhenti pada putaran kesembilan. Saya harus meningkatkan fisik lagi. Sebelumnya, saya hanya latihan mandiri di Malang. Saya akui fisik saya menurun, karena tugas-tugas masa pandemi ini," ujar anggota TNI AD berpangkat Peltu di Kodim 0818 Kabupaten Malang tersebut.

Seperti apa tes kebugaran yang dijalani para wasit tersebut jelang bergulirnya Liga 1 2021? Kalian bisa melihatnya dalam tayangan liputan di atas.

Ringkasan

Oleh Gatot Susetyo pada 13 June 2021, 16:47 WIB

Video Terkait

Spotlights