VIDEO: Paus Fransiskus: Homoseksual Bukan Kejahatan, Akui Martabat Setiap Orang

VIDEO: Paus Fransiskus: Homoseksual Bukan Kejahatan, Akui Martabat Setiap Orang

Paus Fransiskus mengkritik undang-undang yang dianggapnya mengkriminalisasi homoseksual, menyebutnya tidak adil. Ia menyerukan kepada para uskup untuk menyambut kelompok LGBTQ+ di gereja.

"Menjadi homoseksual bukanlah kejahatan," kata Paus Fransiskus dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (26/1/2023).

Paus Fransiskus mengakui bahwa sejumlah uskup Katolik mendukung undang-undang yang mengkriminalisasi kelompok homoseksual atau LGBTQ+. Baginya itu merupakan "dosa". Namun, pada saat bersamaan Paus Fransiskus mengaitkan sikap mereka dengan latar belakang budaya dan mendorong para uskup berubah untuk mengakui martabat setiap orang.

Pernyataan Fransiskus, yang dipuji oleh para pendukung hak-hak LGBTQ+ sebagai tonggak sejarah, adalah yang pertama diucapkan oleh seorang paus tentang undang-undang semacam itu. Di lain sisi, ia dinilai konsisten dengan pendekatannya secara keseluruhan terhadap kelompok LGBTQ+ dan keyakinannya bahwa Gereja Katolik harus menyambut semua orang dan tidak mendiskriminasi.

The Human Dignity Trust mengungkapkan bahwa sekitar 67 negara atau yurisdiksi di seluruh dunia mengkriminalkan aktivitas seksual sesama jenis konsensual, 11 di antaranya dapat atau memang menjatuhkan hukuman mati. Para ahli mengatakan, meskipun hukum tidak ditegakkan, namun itu berkontribusi terhadap pelecehan, stigmatisasi, dan kekerasan terhadap orang-orang LGBTQ+.

SHARE

Oleh Liputan6.com pada 26 January 2023, 15:09 WIB

Video Terkait

Spotlights