VIDEO: Akibat Serangan Hama dan Cuaca Ekstrem, Cabai Kering Jadi Pilihan

VIDEO: Akibat Serangan Hama dan Cuaca Ekstrem, Cabai Kering Jadi Pilihan

Cuaca ekstrem dan serangan hama diduga menjadi penyebab menipisnya stok cabai di sejumlah wilayah di Jawa Timur, sehingga harganya terus melambung. Di Banyuwangi, tak hanya cabai rawit yang harganya mencapai Rp 115 ribu per kilogram, harga cabai besar juga mulai naik.

Sementara di Magetan, menyikapi naiknya harga cabai, warga mulai beralih menggunakan cabai kering. Meski harganya lebih murah, namun rasa pedas cabai kering tak kalah dari cabai segar. Di Pasar Induk Banyuwangi, harga cabai rawit yang biasanya Rp 30 ribu, melonjak hingga Rp 115 ribu per kilogramnya. Berikut dilansir pada Liputan6, (8/3/2021).

Tak hanya cabai rawit, cabai merah juga mulai naik harganya, dari semula Rp 25 ribu per kilogram, menjadi Rp 35 ribu per kilogramnya. Akibat terus melambungnya harga cabai, pembeli mengurangi jumlah pembeliannya. Sehingga pedagang khawatir, cabai yang dimiliki membusuk.

Sementara di Magetan, warga mulai beralih menggunakan cabai kering untuk menyiasati meroketnya harga cabai segar. Di Pasar Sayur Magetan ini misalnya, beberapa bulan terakhir, pedagang mengaku permintaan cabai kering terus meningkat.

Jika biasanya pedagang menjual cabai kering 15 kilogram, kini bisa sampai 30 kilogram per hari. Harga cabai kering saat ini Rp 60 ribu per kilogram. Sementara, harga cabai segar saat ini mencapai Rp 110 ribu per kilogramnya. Pembeli mengatakan, meski harganya lebih murah, namun rasa pedas cabai kering tak kalah dari cabai segar.

"Cabai kering lebih murah terus lebih hemat, 1 kilonya Rp 60 ribu sudah ngecer, nanti perbandingan cabai yang segar terlalu banyak selisihnya, sementara cabai rawit tembus Rp 110 ribu hari ini," kata Suti, Pedagang Cabai.

Naiknya harga cabai beberapa bulan terakhir, akibat menipisnya stok cabai di pasaran, karena kiriman dari petani cabai yang berkurang sebagai dampak intensitas hujan yang tinggi dan serangan hama tanaman cabai di sejumlah daerah di Jawa Timur.

SHARE

Oleh Liputan6.com pada 09 March 2021, 13:55 WIB

Video Terkait

Spotlights