VIDEO : Piztah, Pizza Sambal Matah Perpaduan Kuliner Khas Italia dan Indonesia

VIDEO : Piztah, Pizza Sambal Matah Perpaduan Kuliner Khas Italia dan Indonesia

Makanan pizza adalah roti khas Italia yang sudah mendunia. Namun, di Sidoarjo, Jawa Timur ada restoran yang menyajikan pizza yang berbeda dari biasanya. Yakni pizza berpadu sambal matah khas Bali. Kuliner yang dinamai piztah ini memiliki sensasi unik, karena diberi isian aneka seafood. Untuk menikmati satu porsi pizza sambal matah, cukup membayar Rp 30.000. Berikut tayangannya pada Liputan6, (5/1/2021).

Kuliner ini dinamai piztah, yakni perpaduan, antara pizza sama sambal matah yang mulai diburu penikmat kuliner di Sidoarjo. Penggabungan sambal matah, khas bali dengan adonan roti khas italia, bercampur aneka seafood, menciptakan sensasi rasa pizza yang unik berbeda dari pizza yang ada biasanya.

Pembuatan pizza sambal matah, terbilang mudah. Awalnya, semua bahan sambal matah disiapkan bersama adonan roti pizza. Setelah adonan pizza dipipihkan, lalu ditaburi sambal matah, guna menambahkan sensasi rasa, ditambahkan aneka seafood, seperti udang, cumi dan daging ikan tuna, juga keju mozarela. Selanjutnya, adonan dioven selama 15 menit, dan pizza sambal matah pun siap disantap.

Para penikmat pizza mengaku rasa sambal matah yang menggantikan saos pada umumnya, memiliki rasa yang pedas dan khas, apalagi, tambahan keju mozarela, dan isian seafood menciptakan sensasi rasa gurih dan unik.

"Saya tahunya dari sosial media, rasanya enak banget pokoknya, kalau ini sambelnya, nggak pakai saos sambel kayak lainnya, pakainya langsung sambel matah," terang Rica Celita, Penikmat Piztah.

Kuliner unik yang diberi nama, piztah, sengaja dibuat untuk memadukan makanan khas italia, dengan sambal khas indonesia, yang disukai para penggemar kuliner pedas. Kudapan inipun diyakini mengandung aneka nutrisi, seperti kalori, protein, kalsium, zat besi hingga vitamin c. Sehingga dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh di masa pandemi Covid-19.

"Kita punya taste, dari pedasnya levelnya 5, 10 tergantung request," ungkap Agus Prasetyo, Pembuat Piztah.

Untuk menikmati satu porsi pizza sambal matah cukup membayar Rp 30.000, beberapa pengunjung, ada yang menjadikan roti piztah yang kering dan krispi sebagai lauk, berpadu dengan nasi putih yang hangat. Bagaimana, Anda ingin mencobanya ?

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 January 2021, 10:22 WIB

Video Terkait

Spotlights