VIDEO: Menikmati Kepiting Asap Saos Kurma ala Timur Tengah

VIDEO: Menikmati Kepiting Asap Saos Kurma ala Timur Tengah

Sajian seafood seperti kepiting dan lobster sudah banyak disajikan dengan dimasak ala western atau chinese food. Namun, bagaimana jika kepiting dimasak ala timur tengah?

Kepiting dan lobster diolah dengan diasap. Kemudian disiram saos kurma yang manis, sehingga menciptakan sensasi rasa berbeda, bagi para penikmat kuliner seafood. Seperti apa kelezatan kuliner ini?

Kuliner kepiting, udang lobster asap kurma, ini mudah dimasak sendiri saat mengisi kegiatan di rumah, karena mudah dalam memasaknya, serta rasanya pasti lezat.

Karena dimasak menggunakan rempah-rempah yang gurih, dipadukan dengan rasa manis dari potongan buah kurma. Tak hanya itu, aroma sedap dari proses pengasapan yang dibungkus dengan daun pisang, juga dijamin menggugah selera.

Proses memasak kuliner seafood ala timur tengah ini, cukup mudah. Pertama, siapkan bumbu seperti bawang merah, dan bawang putih, cabai merah besar, ketumbar, kemiri, jahe, serta lengkuas. Bumbu digiling hingga halus.

Tumis lobster bersama kepiting pada wajan yang sudah di beri mentega, kemudian masukkan bumbu rempah yang sudah dihaluskan, ditumis hingga aroma bumbu harum, serta lobster, dan kepiting setengah matang. Kemudian diasap dengan dibungkus daun pisang hingga matang. Tak lupa diberi potongan kurma, dijamin akan lebih nikmat.

"Seperti kepiting saus asam manis, cuma ini ada kaya telur didadar, bumbunya agak beda sedikit, agak ada pedes-pedesnya gitu, enak," ungkap Endang, Penikmat Kepiting Lobster Asap Kurma, seperti dikutip dari Liputan6, 30 Oktober 2020.

"Kalau yang kepiting asap kurma ini, bahan-bahannya dari rempah-rempahan Indonesia saja, cuma ada khasnya, di situ ada kurma, jadi kurmanya pilihan, kita cari kurma yang bener-bener kering," kata Dani Chandra, Juru Masak.

Mudah bukan? Dijamin bisa memasak sendiri di rumah. Namun, bila tidak ada waktu untuk memasak sendiri, Anda bisa menikmati sajian kepiting lobster asap di warung makan di kawasan Lontar Sambikerep Surabaya, dengan harga Rp 35.000 per 1 ons berat kepiting atau lobsternya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 November 2020, 16:20 WIB

Video Terkait

Spotlights