VIDEO: Polisi Buru Pelaku Pencurian 200 Pasang Buku Nikah dari KUA Siman Ponorogo

Sebanyak 200 buku nikah di Kantor Urusan Agama atau KUA, di Ponorogo, Jawa Timur, raib disikat pencuri. Tak hanya buku nikah, pelaku juga membawa kabur laptop dan peralatan lainnya. Aksi pelaku dilakukan sekitar pukul 00.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB, dan sempat terekam kamera pengawas CCTV.

Dari hasil rekaman CCTV di Kantor Urusan Agama (KUA), pelaku tampak melakukan aksinya seorang diri. Dugaan sementara, pelaku masuk kantor melalui jendela belakang dengan cara membuka paksa.

Setelah itu, masuk ke ruangan kepala KUA. Aksi pencurian ini terjadi di Kantor Urusan Agama, Kecamatan Siman, Ponorogo. Pelaku, mengobrak-abrik Kantor Urusan Agama (KUA) seorang diri, dengan mencongkel pintu menggunakan besi. Akibat peristiwa ini, 200 buku nikah, dan laptop di KUA ini amblas.

Menurut Kepala KUA Siman, Rusmawardi, awalnya petugas kebersihan kaget melihat ruangan berantakan. Selanjutnya dilakukan pengecekan kamera CCTV, ternyata diketahui pelaku beraksi hampir 1 jam, dari pukul 00.00 WIB hingga 01.00 WIB. Pihaknya juga mengaku heran apa motif dari pelaku, karena memang selama ini tidak ada kasus jual beli buku nikah di wilayahnya. Berikut diberitakan pada Fokus, 16 Desember 2019.

"Buku nikah model NA, 200 pasang serinya JT1083400 sampai 1083600, beserta duplikat boneka 3 pasang dan 1 unit komputer atau laptop," kata Rusmawardi, Kepala KUA Kecamatan Siman, Ponorogo.

Kasus ini, masih dalam penanganan Unit Reserse Kriminal Polsek Siman, Ponorogo. Polisi masih memburu pelaku dengan bekal rekaman CCTV di kantor KUA. Sementara pihak KUA, tetap bisa melayani pernikahan hingga akhir tahun 2019, karena pihaknya masih memiliki 8 pasang buku nikah cadangan.

SHARE

Oleh Liputan6.com pada 18 December 2019, 11:15 WIB

Video Terkait

Spotlights