Peneliti Bosscha Lakukan Pantauan Hilal Tentukan Awal Ramadan

Di ruangan multimedia inilah yang menjadi salah satu titik para astronom Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, mengamati proses hilal.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (5/5/2019), sejak semalam, sebuah alat teleskop mini disiapkan para peneliti dari Institut Teknologi Bandung untuk memantau penampakan bulan sabit muda yang terlihat dari permukaan bumi setelah konjungsi atau yang dikenal dengan hilal.

Berdasarkan data sementara, konjungsi sudah terjadi sejak pukul 05.00 pagi. Jika cuaca cerah, maka hilal akan cukup kuat terpantau pada nanti sore. Observasi akan berakhir dan diumumkan sekira pukul 18.00 WIB.

Hasil ini menjadi rekomendasi para peneliti kepada Kementerian Agama dalam sidang isbat sore nanti untuk menentukan jatuhnya 1 Ramadan 1440 Hijriyah sebagai awal puasa.

Berdasarkan ketetapan Kementerian Agama, perhitungan hilal berada pada ketinggian dua derajat sehingga bila melihat hasil observasi sejauh ini hampir dipastikan puasa 1 Ramadan 1440 Hijriyah jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

SHARE

Oleh Liputan6.com pada 05 May 2019, 11:56 WIB

Video Terkait

Spotlights