VIDEO: Berkunjung ke Eks Markas Persebaya Surabaya yang Kini Terbengkalai

VIDEO: Berkunjung ke Eks Markas Persebaya Surabaya yang Kini Terbengkalai

Wisma Persebaya adalah tempat yang bersejarah bagi Persebaya Surabaya, namun kini kondisinya memprihatinkan. Tempat ini sangat erat kaitannya dengan Bajul Ijo.

Wisma Persebaya terletak persis di belakang Stadion Gelora 10 November yang merupakan eks kandang Persebaya Surabaya. Selain mess pemain, juga ada lapangan latihan yang biasa disebut Lapangan Karanggayam.

Dahulu di masa jayanya, bangunan ini menjadi salah satu saksi sejarah dalam pengembangan sepak bola Surabaya yang muaranya ke Timnas Indonesia.

Persebaya pernah menjadi pemilik bangunan tersebut pada era perserikatan, yang kemudian berlanjut ke era Liga Indonesia. Sayang, bangunan ini lantas menjadi sengketa antara Persebaya dan Pemkot Surabaya.

Sudah hampir lima tahun Wisma Persebaya Surabaya tidak terawat. Dari pantauan yang terlihat pada Kamis (18/7/2024), kondisi bangunan tersebut bisa dikatakan sangat memprihatinkan.

Sudah banyak tembok yang roboh, dan sangat banyak coretan di mana-mana. Terlihat puing-puing kayu yang berserakan, dan beberapa bagian dari bangunan ini sudah ditumbuhi tanaman liar.

Demikian pula dengan kondisi Lapangan Karanggayam. Lapangan yang dulu menjadi tempat skuad Persebaya Surabaya berlatih tersebut berada dalam kondisi sangat buruk. Sebagian area dipakai sebagai tempat parkir mobil.

Ringkasan

Oleh Bayu Kurniawan Santoso pada 19 July 2024, 15:27 WIB

Video Terkait

Spotlights