VIDEO: Kalian Wajib Tahu! Ini Alasan Sepak Bola Dimainkan 11 Vs 11, Ada yang Bikin Tersenyum lo!

VIDEO: Kalian Wajib Tahu! Ini Alasan Sepak Bola Dimainkan 11 Vs 11, Ada yang Bikin Tersenyum lo!

Mengapa Timnas Indonesia harus bermain dengan 11 pemain? Kita mungkin akan menjawab: "memang seperti itu aturan yang ditetapkan FIFA". Lalu, mengapa sebuah tim sepak bola harus bermain dengan 11 pemain? Awal mula angka "11" itu dari mana? Mengapa tidak genap jumlahnya sebagai contoh 10 pemain atau angka ganjil lainnya "13"? Jawabannya dapat para pembaca temui dalam konten Extra Time kali ini, yang sedang tidak membahas kisah mistis atau misteri.

Angka "11" itu apakah ada hitungan matematikanya? Ternyata, jumlah 11 pemain dalam satu tim sepak bola tersebut pada awalnya disepakati karena hal yang simpel. Apakah itu? Jawabannya berkaitan dengan asrama. Kok asrama? Penjelasannya diterangkan dengan cukup singkat dan padat oleh presenter Bola.com, Iqri Widya, dalam konten di atas.

Aturan-aturan dalam sepak bola dirumuskan oleh The International Football Association Board (IFAB). IFAB merumuskan yang namanya The Laws of the Game. FIFA menerapkan aturan yang dibuat oleh IFAB itu.

Dalam edisi The Laws of the untuk musim 2023/2024 pada halaman 45, hal pertama yang dibahas yaitu soal jumlah pemain. Kalimat pertama dalam hal 45 tersebut yaitu: "Sebuah pertandingan dimainkan oleh dua tim, di mana setiap tim memiliki maksimal sebelas pemain; salah satunya adalah penjaga gawang.".

Lalu, sejak kapan ketentuan sebuah tim sepak bola harus bermain dengan 11 pemain ditetapkan? Jawabannya ketentuan tersebut tertulis dalam The Laws of the Game edisi tahun 1879. Pada edisi-edisi sebelumnya, aturan 11 vs 11 belum dituliskan. *(Produksi video dibantu mahasiswa magang Bola.com: Valentino Bagaskara Triviantoro dari Universitas Jember dan Muhamad Adine Wirya Kusuma dari Institut Seni Indonesia Surakarta).

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo, Iqri Widya pada 12 September 2023, 16:23 WIB

Video Terkait

Spotlights