VIDEO: Presiden Jokowi Berikan Tugas Baru untuk Erick Thohir Setelah Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

VIDEO: Presiden Jokowi Berikan Tugas Baru untuk Erick Thohir Setelah Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Ketua PSSI, Erick Thohir, menyerahkan surat yang diberikan oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, untuk Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/3/2023). Erick Thohir yang juga melaporkan hasil pertemuannya dengan Gianni mendapatkan dua instruksi khusus dari Presiden Jokowi.

Dalam keterangan persnya setelah bertemu Presiden Jokowi, Erick Thohir menyampaikan bahwa dirinya sebagai ketua PSSI mendapatkan dua instruksi khusus terkait dengan surat yang dikirimkan oleh FIFA.

"Membaca surat tersebut, Presiden menginstruksikan saya dua hal: Satu, segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera diberikan kepada FIFA," ujar Erick Thohir dalam keterangannya di Kantor Sekretariat Negara, Jumat (31/3/2023) siang WIB.

Kedua, Jokowi juga meminta Erick Thohir untuk terus menjalin komunikasi dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. Presiden Jokowi tidak ingin Indonesia dikucilkan dari peta sepak bola dunia.

Selain itu, Erick Thohir juga berharap jika FIFA tak menjatuhkan sanksi berat seperti yang terjadi pada tahun 2015 silam, di mana sepak bola Indonesia dibekukuan.

Erick Thohir terus berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia terjadi, bukan wacana. Erick Thohir juga akan bekerja keras untuk kembali bernegosiasi kepada FIFA menghindari sanksi yang bisa terjadi setelah Indonesia dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 31 March 2023, 15:49 WIB

Video Terkait

Spotlights