VIDEO: Pemain Naturalisasi Berikan Respons Terkait Wacana Regulasi Liga 1 Oleh PSSI

VIDEO: Pemain Naturalisasi Berikan Respons Terkait Wacana Regulasi Liga 1 Oleh PSSI

Sarasehan sepak bola Indonesia memunculkan banyak kontroversi. Acara yang berlangsung di Surabaya pada akhir pekan lalu dihadiri PSSI, klub Liga 1 dan Liga 2.

Acara ini membahas beragam hal termasuk wacana perubahan regulasi. Salah satunya adalah pembatasan pemain naturalisasi di setiap klub.

Sebelumnya, klub-klub Liga 1 dan Liga 2 tidak memiliki Batasan terkait perekrutan pemain naturalisasi. Regulasi baru merencanakan jika klub-klub hanya bole merekrut maksimum dua pemain naturalisasi.

Dalam racangan regulasi terbaru ini, menimbulkan kotorversi. Para pemain naturalisasi juga memberikan respons terkait hal tersebut.

Salah satunya Otavio Dutra. Ia menilai kebijakan ini sangat diskriminatif dan berharap dunia tak mengecap Indonesia sebagai negara yang demikian andai regulasi itu diterapkan.

"Naturalisasi itu proses bukan status. Di paspor dan KTP, saya adalah seorang Warga Negara Indonesia seumur hidup dan bukan WNI naturalisasi. jadi aturan itu sungguh tidak masuk akal," tegasnya.

Tidak hanya itu, pemain Persib Bandung, Marc Klok juga memberikan respons terkait hal ini. Ia berkomentar lewat sosial media, Twitter.

"Kami WNI, dan semua WNI seharusnya memiliki hak yang sama." Ujar Marc Klok dalam cuitannya di Twitter.

Sejauh ini PSSI belum memberikan keputusan terkait regulasi baru tentang pemain naturalisasi yang bermain di Liga 1 dan Liga 2.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 07 March 2023, 16:37 WIB

Video Terkait

Spotlights