VIDEO: Cerita dari Ruang Ganti Arema, Mencekam dan Tinggalkan Trauma

VIDEO: Cerita dari Ruang Ganti Arema, Mencekam dan Tinggalkan Trauma

- Peristiwa di ruang ganti Arema FC, di Stadion Kanjuruhan, pada Sabtu 1 Oktober 2022 memang mengguncang jiwa. Para pemain melihat langsung beberapa suporter yang selama ini tidak kenal lelah mendukung Arema kehilangan nyawa. Cerita miris di ruang ganti Tim Singo Edan digambarkan dengan detail oleh Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Malam itu, setelah membatalkan sesi konferensi pers Persebaya setelah pertandingan, Sudarmaji cepat-cepat melangkah ke ruang ganti Arema FC. Saat itu, Persebaya batal melakukan konferensi pers agar bisa segera masuk ke kendaraan taktis Baracuda yang sudah disiapkan untuk meninggalkan Stadion Kanjuruhan, karena suasana sudah tidak kondusif.

"Saya kemudian masuk ke ruang ganti Arema, suasana hening. Alfarizi masuk dalam kondisi emosional, dia menggebrak meja, tanda kekecawaan, white board dia pukul, sambil bilang 'kenapa kita harus kalah?' Semua dalam suasana hening," tutur Sudarmaji, saat berbincang dengan Bola.com di kantor Arema, Rabu (12/10/2022).

"Saya kemudian berusaha melobi coach Roca (Pelatih Arema FC). Saya bilang Arema harus konferensi pers untuk minta maaf dan memang regulasinya seperti itu. Roca siap, itu 30 menit setelah pertandingan selesai. Lalu pemain yang mendampingi Roca siapa? Semua pemain merasa sedih terbawa emosi. Roca menunjuk Dedik Setiawan."

"Roca saya ajak ketemu media, konferensi pers saya batasi 5 menit. Roca memberi pernyataan dulu, kemudian Dedik. Ada dua pertanyaan setelah itu."

Begitu konferensi pers berjalan, tiba-tiba Aremania mendobrak masuk. Di media center ada lorong untuk fotografer akses ke lapangan luar, di situlah yang didobrak Aremania. Mereka meminta tolong. Ada suporter yang masuk sambil mengangkat satu orang, kemudian satu lagi. Sudarmaji langsung menghentikan konferesi pers.

Itulah sepenggal kisah dari Sudarmaji ketika ditemui. Cerita lengkap dari ruang ganti Arema FC pada 1 Oktober 2022 dapat para pembaca simak dalam tayangan wawancara di atas.

Konten-konten liputan khusus Cover Story Kanjuruhan lainnya bisa Sahabat Bola.com nikmati dengan mengklik tautan lain. Berbagai kisah humanis dan investigatif kami rangkum dan sajikan secara eksklusif untuk mengurai tragedi kemanusiaan seusai laga Arema FC Vs Persebaya yang menelan banyak korban jiwa.

Ringkasan

Oleh Yus Mei Sawitri, Okie Prabhowo, Bagaskara Lazuardi pada 18 October 2022, 12:43 WIB

Video Terkait

Spotlights